Makanan Khas Cirebon
Makanan Khas Cirebon

8 Makanan Khas Cirebon Paling Terkenal dan Bikin Gagal Diet

Diposting pada

Bagi anda yang sedang singgah atau berlibur di kota udang Cirebon, belum lengkap rasanya jika anda belum mencicipi makanan terpopuler khas Cirebon yang terkenal akan kelezatannya dan murah meriah ini. Biar ngga penasaran, yuk simak selengkapnya.

Bila anda sering bepergian melewati jalur Pantura, pastinya anda mengenal kota Cirebon. Kota yang termasuk dalam provinsi Jawa Barat ini begitu populer dengan sebutan kota udang.

Bukan tanpa alasan, sebutan kota udang ini memiliki nilai sejarah yang begitu melekat hingga akhirnya terbentuklah sebuah nama kota yaitu Cirebon yang berasal dari bahasa Sunda yakni Cai yang berarti air, dan Rebon yang berarti anak udang. Kota Cirebon sejak dulu terkenal sebagai salah satu kota penghasil udang rebon terbesar di pulau Jawa.

Karena lokasinya berdekatan dengan laut dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah membuat kota ini memiliki destinasi wisata yang unik karena terdapat 2 perpaduan budaya khas Jawa dan Sunda. Selain itu, makanan / kuliner khas dari Cirebon ini juga terkenal akan kelezatannya dan sayang untuk anda lewatkan begitu saja.

 

Rekomendasi Makanan / Kuliner Khas Cirebon Yang Terkenal Lezat dan Murah Meriah

makanan khas cirebon

Sekilas, makanan khas kota udang ini terlihat biasa-biasa saja. Proses pembuatannya pun boleh dibilang sederhana. Namun, cita rasa tak pernah bohong dalam mempresentasikan makanan hasil akulturasi budaya Jawa dan Sunda ini.

Gimana? Penasaran ingin menikmati lezat dan uniknya makanan khas kota udang Cirebon ini. Yuk silahkan lihat beberapa rekomendasi kuliner khas Cirebon yang bikin anda terlena akan kelezatannya.

 

1. Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon yang pertama ada nasi jamblang. Nasi Jamblang atau yang lebih populer dengan nama sega jamblang ini merupakan kuliner khas yang sangat identik bagi masyarakat kota Cirebon.

Uniknya, saat penyajiannya, nasi jamblang ini mirip dengan penyajian makanan prasmanan dengan macam lauk pauk yang jumlahnya puluhan. Anda bisa bebas memilih jenis lauk yang anda sukai sesuai selera.

Selain itu, pembungkus dari makanan ini menggunakan daun jati yang menambah aroma kelezatan makanan ini semakin nikmat. Nah, jika anda ke Cirebon, anda wajib mencicipi makanan tradisional yang satu ini.

 

2. Makanan Khas Cirebon Docang

Kuliner khas Cirebon yang kedua adalah Docang yang terbuat dari oncom dage dan kacang hijau yang dijadikan tauge. Perpaduan cita rasa oncom dage (ampas tahu) dengan kacang tanah serta parutan kelapa menjadikan makanan khas kota Cirebon ini semakin menggugah selera.

Dengan harga sebesar 10 ribu / porsi, anda sudah bisa menikmati gurih dan lezatnya makanan khas cirebon ini. Oiya, supaya lebih lezat, sebaiknya anda menyantapnya selagi masih hangat ya.

Baca Juga : Inilah Kelezatan Makanan Khas Purwokerto Yang Bikin Lidah Bergoyang

 

3. Empal Gentong

Pasti anda sudah mengenal makanan terpopuler khas Cirebon yang sudah begitu terkenal ini. Ya benar, empal gentong. Sekilas, makanan ini mirip dengan gulai ataupun soto santan. Bedanya terletak pada proses pembuatannya yang masih menggunakan kayu bakar serta dimasak menggunakan gentong yang terbuat dari tanah.

Dalam penyajiannya, kuliner khas kota udang ini terdiri dari daging sapi, babat dan usus. Uniknya, dalam semangkuk empal gentong akan dihiasi oleh daun kucai dan gilingan cabai kering. Dengan cita rasanya yang gurih dan nikmat, anda bisa menambahkan nasi ataupun lontong sebagai pelengkapnya.

Dengan harga rata-rata sekitar 20 ribu, anda sudah bisa menikmati kuliner khas Cirebon yang satu ini. Oiya, bila cuaca mendung atau dingin, makanan ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh anda.

 

4. Mankanan Khas Cirebon Nasi Lengko

Berikutnya ada makanan khas kota Cirebon yang bernama nasi lengko. Nasi lengko ini sangat cocok sebagai menu sarapan anda ketika berada di kota udang ini. Anda dapat dengan mudah menemukan kuliner tradisional khas Cirebon ini di berbagai warung-warung pinggir jalan maupun di pasar tradisional.

Dalam 1 porsi nasi lengko terdiri dari nasi putih, toge rebus, irisan tempe dan tahu lalu disiram dengan bumbu kacang. Uniknya, makanan ini terlihat begitu cantik dengan taburan daun kucai sebagai pelengkapnya. Jangan lupa sempatkan waktu untuk mencicipi hidangan sarapan yang satu ini ketika berkunjung ke Cirebon.

 

Baca juga : Makanan Khas Medan Yang Terkenal Enak, Murah dan Penuh Cita Rasa

 

5. Sate Kalong

Meski namanya terdengar begitu aneh, namun sejatinya kuliner khas Cirebon yang satu ini terbuat dari daging sapi. Bukan daging kalong / kelelawar ya. Nama kalong sendiri bermula ketika pada awal kemunculannya, karena sate ini lebih sering dijual pada saat matahari tenggelam.

Dulunya, makanan yang sudah menjadi ciri khas kota Cirebon ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Namun, semakin sulitnya untuk mendapatkan daging kerbau, maka sate ini beralih menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Cita rasa dari sate kalong ini adalah manis. Karena memang sebelumnya sate ini sudah lebih dulu direndam menggunakan air gula merah. Harganya relatif terjangkau kok, cukup membayar 10 ribu, anda sudah bisa menikmati lezatnya kuliner yang satu ini.

 

6. Tahu Gejrot

Kalau makanan khas Cirebon yang satu ini pastinya sudah sangat terkenal dan nge-hits baru-baru ini. Namun, untuk mendapatkan cita rasa asli dari makanan ini, anda harus mencicipinya dikota asalnya.

Berbeda dari tahu gejrot yang biasa anda temui di berbagai daerah. Kuah dari tahu gejrot asli Cirebon ini akan terasa lebih kental dan manisnya gula aren yang begitu sempurna.

Saat penyajiannya, tahu gejrot ini terdiri atas irisan tahu kopong. Kemudian diberi bawang dan cabai rawit yang sudah dihaluskan kemudian disiram dengan kuah khas yang membuatnya terasa begitu lezat dan menyegarkan.

 

Baca juga : 9 Makanan Khas Yogyakarta Yang Melegenda dan Bikin Ketagihan

 

7. Rujak Kangkung

Berbeda dari rujak pada umunya yang menggunakan buah-buahan, rujak khas Cirebon ini menggunakan sayur kangkung sebagai bahan utamanya.

Cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan merebus kangkung. Jika sudah tiris, kangkung tersebut kemudian diaduk dengan sambal khas yang rasanya asam.

Tersedia pula topping sambal terasi untuk anda yang menyukai selera pedas. Selain itu, rujak yang sangat nikmat ketika anda menyantapnya pada siang hari ini harganya cukup murah hanya sekitar 5 ribu saja / porsinya.

 

8. Mie Koclok

Hampir setiap daerah memiliki makanan khas berupa mie rebus. Tak terkecuali kota Cirebon. Mie koclok khas Cirebon merupakan makanan tradisional yang sudah sangat terkenal dengan rasanya yang begitu nikmat dan lezat.

Sama seperti mie rebus pada umumnya, mie koclok terdiri dari mie kuning rebus yang bercampur dengan beberapa bahan lainnya seperti tauge, kol, suwiran ayam dan potongan telur rebus.

Suasana yang pas untuk menikmati kelezatan mie koclok ini adalah saat musim hujan dan malam hari. Gurihnya kuah santan dari mie koclok ini bisa menghangatkan badan dan membuat segar kembali.

 

Baca juga : Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba, Bikin Lidah Bergoyang

 

Kesimpulan :

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan / kuliner khas Cirebon yang sejak lama terkenal murah meriah serta memiliki keunikan dan kelezatan yang begitu menggoda. Jika anda berkunjung ke Cirebon, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas dari kota udang ini.

Selalu nantikan informasi unik dan menarik lainnya yang akan selalu kami ulas secara update hanya di boncengan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *