Makanan Khas Palembang
Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba, Bikin Lidah Bergoyang

Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba, Bikin Lidah Bergoyang

Diposting pada

Berikut ini kami sajikan makanan / kuliner khas Palembang yang terkenal murah dan lezat. Pokoknya, sayang banget jika anda belum mencicipinya saat singgah atau berwisata ke tanah Sriwijaya ini.

Hal apa sih yang membuat kota Palembang menarik? Kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan ini memiliki banyak keunikan dan keistimewaan dalam hal makanan yang bisa anda temukan. Makanan khas dari Palembang merupakan akulturasi dari beragam budaya yang menghasilkan produk kuliner yang bermacam macam. 

Kota yang mendapat julukan ” veniche of the east ” tidak terkenal dengan pempeknya saja. Melainkan, terdapat belasan bahkan puluhan kuliner khas palembang yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan ini. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

 

Ragam Makanan / Kuliner Khas Palembang Yang Terkenal Murah dan Lezat

makanan khas palembang

Jika tertarik dengan citarasa kuliner khas palembang, luangkan waktu untuk menjelajah sudut kota mencari hidangan yang memuaskan perut anda. Mulai dari makanan ringan hingga berat, dari restoran besar hingga pedagang kaki lima. Berikut beberapa kuliner / makanan khas palembang yang wajib anda coba!!

 

1. Makanan Khas Palembang Pempek

Hampir semua orang pasti mengenal dan pernah mencicipi pempek. Makanan terkenal khas Palembang ini terbuat dari ikan tenggiri dan tepung sagu, yang kemudian dimodifikasi pengolahannya dengan tambahan tahu, udang, telur dan lainnya.

Dalam penyajiannya, pempek biasanya terdapat saus khusus yang terbuat dari gula merah, bawang putih, cabe,udang ebi dan garam. Dengan tambahan potongan timun yang kecil kecil serta mie kuning yang menambah kenikmatan anda ketika menyantap pempek.

 

2. Tekwan

Mencoba bakso khas palembang? siapa takut? Kuliner khas palembang ini memiliki nama yang sedikit berbeda dengan bakso pada umumnya. Warga lokal menamai nya dengan sebutan tekwan. Dalam penyajiannya, makanan ini terdiri dari bakso ikan, mie putih dan kuah bening dengan cita rasa yang khas karena terbuat dari sari kepala udang dengan daun bawang.

 

3. Makanan Khas Palembang Laksan

Pecinta kuliner pasti kenal dengan pempek lenjer dari palembang. Tapi tidak dengan masyarakat kota ini yang menamai pempek lenjer dengan nama laksan. Penyajian kuliner yang satu ini berbeda dengan pempek jenis lain, karena laksan tersaji dengan kuah bersantan yang penampilannya hampir mirip dengan lontong sayur. Waktu yang pas untuk menyantap kuliner ini saat pagi hari.

Makanan Khas Palembang
Tekwan Palembang

4. Celimpungan 

Salah satu makanan turunan dari pempek ini adalah celimpungan. Namun, pempek jenis celimpungan ini sudah jarang keberadaannya. Karena, makanan terkenal khas Palembang ini hanya ada ketika hari raya lebaran saja. Bahan dasar pembuatan celimpungan ini terdiri dari ikan dan sagu. 

Selain itu, celimpungan ini lebih mirip laksan. Akan tetapi, berbentuk bulat putih seperti tekwan dengan ukuran yang lebih besar. Penyajian celimpungan ini menggunakan kuah kari yang kental menciptakan kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan turunan pempek yang lainnya.

 

5. Burgo

Terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu yang cara pengolahannya seperti mendadar telur untuk mendapatkan hasil dadaran tipis lalu penggulungan hasil dadaran tadi dipotong potong. Burgo ini sepintas mirip dengan kwetiaw. 

Menyantap kuliner ini, sangat cocok dengan kuah gurih dengan racikan aneka bumbu seperti ketumbar, kencur, kunyit, bawang putih dan kemiri serta penambahan santan. Pelengkap hidangan yang satu ini tidak boleh terlupakan seperti suwiran daging ikan, potongan telur rebus dan bawang goreng menambah kenikmatan kuliner khas Palembang yang satu ini.

 

6. Lakso

Kuliner yang satu ini mirip dengan burga akan tetapi yang membedakan adalah jenis kuahnya. Kuah lakso, menggunakan kuah yang lebih kental dan gurih. Sejatinya, bentuk dari makanan ini menyerupai mie. Dengan tambahan potongan bawang goreng dalam penyajian lakso ini menambah kenikmatan yang tiada tara.

 

7. Mie Celor 

Bukan mie telor yah… tapi mie celor yang merupakan menu sarapan pagi bagi warga palembang. Mie celor sendiri memiliki arti mie celup, yang penyajiannya menggunakan kuah kaldu santan kental dan taburan tauge serta potongan telur rebus. Hemmm tentunya membuat anda tidak sabar untuk segera mencicipinya bukan?

 

Baca juga : Makanan Khas Surabaya, Jawa Timur Bonek : Weeenak Pol Reekk!

 

8. Martabak Palembang 

Martabak khas palembang memiliki komposisi yang hampir sama seperti martabak pada umumnya yang sering kita jumpai. Yang membedakannya adalah cara menyantapnya yaitu dengan adanya penambahan kuah kental kaya rempah dengan beberapa potongan kentang.

 

9. Makanan Khas Palembang Sambal Tempoyak 

Sambal yang terbuat dari daging buah durian yang telah terfermentasi dengan cita rasa asam, manis dan pedas serta rasa buah durian pada bagian ujungnya. Menyantap sambal yang satu ini paling cocok dengan sup pindang atau sepiring nasi putih hangat dengan lauk ayam goreng maupun ikan goreng membuat makin nikmat.

 

10. Godo-godo

Mendengar namanya kamu pasti mengira makanan ini gado-gado. Eitsss jangan salah dulu ya, ini namanya Godo-godo. Makanan terkenal khas Palembang ini merupakan turunan dari pempek juga loh. Tapi, ada hal yang membuatnya berbeda dari pempek. Godo-godo tidak menggunakan bahan ikan dalam pembuatannya melainkan menggunakan udang. Untuk menyantap godo-godo, sama seperti pempek lainnya yaitu dengan kuah cuko. Namun, kuliner khas Palembang yang satu ini keberadaannya sudah semakin langka.

 

Baca juga :  9 Makanan Khas Yogyakarta Yang Melegenda dan Bikin Ketagihan

 

11. Kemplang dan Kopi Palembang

Kerupuk palembang ya kemplang. Cara asik untuk menikmati kuliner khas ini yaitu dengan mencocol kerupuk ke sambal khusus kemplang. Selain itu, kerupuk ini juga cocok bersanding dengan kopi Palembang sebagai teman ngemil saat sore hari.

Untuk memperoleh kuliner yang satu ini sangat lah mudah karena kerupuk kemplang selalu tersedia di hampir seluruh pusat perbelanjaan yang menjual aneka oleh-oleh khas Palembang.

 

12. Es Kacang Merah 

Pengen yang seger-seger? minuman yang satu ini paling cocok. Yaitu es kacang merah. Tidak hanya menyegarkan saja, es yang satu ini dapat menghilangkan dahaga dan memanjakan lidah dengan citarasa manis yang tidak membuat enek.

Es kacang merah menjadi pilihan yang tepat saat menyantapnya dalam kondisi cuaca sedang panas. Menghilangkan rasa dahaga dengan es kacang merah merupakan pilihan yang tepat saat singgah ke kota palembang.

 

Kesimpulan:

Demikian ulasan rekomendasi makanan / kuliner khas palembang yang terkenal murah meriah dan patut untuk anda coba saat berkunjung ke bumi Sriwijaya. Semoga apa yang kami informasikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Nantikan informasi terbaru lainnya yang akan kami ulas pada lain kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *