ah 9 Makanan Khas Purwokerto
Makanan Khas Purwokerto

Inilah 9 Makanan Khas Purwokerto Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Diposting pada

Jika anda sedang singgah atau berkunjung ke daerah Banyumas, anda wajib mencoba cita rasa kuliner khas Purwokerto yang begitu melegenda. Selain enak, makanan khas dari Purwokerto ini murah meriah dan sudah sangat terkenal di seluruh daerah.

Destinasi wisata yang ada di daerah Purwokerto memang begitu mempesona. Tersedia berbagai panorama keindahan alam yang begitu memukau. Tak ayal ibukota dari kabupaten Banyumas ini sering menjadi tempat bagi para wisatawan untuk sekedar refreshing dan berlibur bersama keluarga.

Selain itu, Purwokerto juga memiliki aneka makanan khas dengan cita rasa yang unik dan lezat. Tak jarang, banyak wisatawan yang ingin mencicipi keunikan kuliner khas Purwokerto yang terkenal dan melegenda. Penasaran ada menu apa saja? Yuk langsung saja kita simak ulasannya.

 

Ragam Makanan / Kuliner Khas Purwokerto Yang Wajib Untuk Dicoba

makanan khas purwokerto

Letaknya yang berada di kaki gunung Slamet, membuat Purwokerto sering menjadi tempat destinasi wisata alam yang begitu indah dan menakjubkan. Begitu banyak panorama alam yang bisa anda nikmati di kotanya wong ngapak ini. Selepas berwisata, rugi rasanya jika anda melewatkan wisata kuliner khas Purwokerto yang begitu unik dan menggugah selera.

Makanan yang berasal dari Purwokerto ini begitu banyak menyimpan cita rasa khas dan aroma yang berbeda dari makanan lainnya. Penasaran ingin mencicipi nikmatnya makanan khas Purwokerto yang murah dan terkenal ini? yuk simak ulasannya.

 

1. Tempe Mendoan

Purwokerto sejak lama sudah terkenal akan makanan khas nya yang sudah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. Apa lagi kalau bukan tempe mendoan. Sejatinya, mendoan merupakan makanan berbahan dasar tempe yang sudah diiris tipis-tipis kemudian berselimutkan tepung terigu.

Mirip dengan tempe goreng tepung. Hal yang membedakan adalah tekstur mendoan yang lembek karena proses saat menggorengnya tidak benar-benar matang. Hal inilah justru yang menjadi ciri khas makanan Purwokerto ini. Sangat mudah untuk menemukan tempe mendoan di kota asalnya. Karena hampir setiap warung makan menjual kuliner yang satu ini.

Umumnya, penyajian tempe mendoan dilakukan pada saat masih panas atau hangat agar lebih nikmat saat menyantapnya. Apalagi jika bersanding dengan cabai rawit atau sambal kecap. Hmmmmm… Pastinya bakal bikin lidah anda bergoyang.

Makanan Khas Purwokerto
Makanan Lezat Purwokerto

2. Gethuk Goreng

Gethuk merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah (termasuk Purwokerto) yang sudah melegenda sejak lama. Bahan dasar pembuatan gethuk ini meliputi singkong yang diolah menggunakan gula jawa. Tekstur nya yang empuk dengan rasa manis yang halus membuat makanan ini begitu nikmat bersanding dengan kopi atau teh.

Selain itu, harga makanan ini sangat terjangkau karena terbuat dari umbi-umbian yang pastinya menyehatkan bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan gethuk goreng, anda bisa membelinya sepanjang jalan di kecamatan Sokaraja, Purwokerto. Oiya, kuliner ini juga cocok untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Purwokerto.

 

3. Kraca / Krece

Mungkin makanan yang satu ini sudah sering anda temui di berbagai pusat keramaian dengan nama yang berbeda-beda. Namun, di kota asalnya Purwokerto, nama asli makanan ini adalah kraca / krece. Sejatinya, kuliner ini berbahan dasar keong sawah yang telah direbus selama 2 – 3 jam kemudian dimasak dengan rempah-rempah.

Umumnya makanan ini memiliki rasa yang pedas dan asin dengan tekstur siput yang lunak dan nikmat. Untuk menyantapnya, anda bisa menggunakan tusuk gigi atau bisa juga dengan menyedotnya dengan mulut. Tetap berhati-hati ya ketika menyantap makanan khas Purwokerto ini, karena khawatir penutup siput ikut tertelan ke dalam mulut.

 

Baca juga : Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba, Bikin Lidah Bergoyang

 

4. Makanan Khas Purwokerto Kluban

Nah, bila anda seorang vegetarian, pastinya anda akan suka dengan kuliner yang satu ini. Ya benar. Kluban namanya. Bahan dasar dari makanan ini adalah sayur seperti kangkung, bayam, kecambah, kacang panjang dan kol. Sekilas, penampilan makanan ini mirip dengan salad.

Berbeda dari salad, bahan-bahan untuk membuat kluban ini telah direbus terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah dimasak menggunakan campuran cabai dan bumbu lainnya. Cita rasa pedas, gurih, manis dan renyahnya sayuran akan menambah kenikmatan ketika anda menyantapnya. Untuk menikmati 1 porsi kluban, anda harus merogoh kocek sebesar 3 – 5 ribu. Cukup murah bukan?

 

5. Makanan Khas Purwokerto Cenil

Nah, jika anda berkunjung ke Purwokerto, sayang banget jika belum menikmati kenyalnya makanan khas dari kota wong ngapak ini. Cenil sejatinya merupakan makanan / kuliner tradisional khas Purwokerto yang sudah melegenda sejak lama. Uniknya, makanan ini memiliki warna yang mencolok seperti merah dan hijau dengan tambahan parutan kelapa dan gula pasir.

Untuk bisa menikmati cemilan ini, anda tak perlu bingung mencarinya, karena telah banyak warung-warung yang menjual cemilan ini di hampir seluruh Purwokerto. Harganya juga murah kok, mulai dari 3 – 5 ribu, anda sudah bisa menikmati kuliner khas Purwokerto yang satu ini.

 

Baca juga : 9 Makanan Khas Yogyakarta Yang Melegenda dan Bikin Ketagihan

 

6. Keripik Tempe

Bukan hanya jawa timur saja yang memiliki keripik tempe. Purwokerto juga memiliki makanan khas yang serupa yaitu keripik tempe. 

Sama halnya dengan keripik tempe pada umumnya, keripik tempe yang ada di Purwokerto juga berbahan dasar tempe yang sudah diiris tipis-tipis kemudian ditambahkan bumbu rempah kemudian digoreng sampai kering.

Cemilan ini sangat cocok untuk bersanding dengan kopi atau teh. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Yaitu sekitar 18 ribu saja / kemasan. 

 

7. Makanan Khas Purwokerto Buntil

Umumnya, makanan khas wong ngapak yang satu ini sangat mudah anda temui di pasar tradisional Purwokerto. Mungkin bagi anda yang belum pernah mencicipinya, makanan ini akan terasa agak aneh. Namun sejatinya, buntil sangat enak untuk bersanding dengan nasi hangat.

Bahan dasar pembuatan buntil ini adalah parutan kelapa muda yang telah dicampur dengan bumbu rempah kemudian dibentuk bulat berselimutkan daun singkong / daun pepaya yang diikat menggunakan tali bambu.

 

8. Jenang Jaket

Salah satu makanan khas dari Purwokerto adalah jenang jaket yang terbuat dari tepung ketan, gula merah dan santan yang lebih dulu mengalami proses pembuatan yang sangat panjang. Nantinya, bahan tersebut akan ditambahkan dengan vanili dan wijen yang membuatnya terasa begitu khas dan istimewa.

Selain itu, kuliner khas dari Purwokerto ini juga cukup murah lho. Cukup dengan membayar sebesar 16 ribu / kemasan, anda sudah bisa menikmati empuk dan legitnya jenang jaket ini.

 

9. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja telah lama menjadi makanan khas yang begitu terkenal dari Purwokerto. Uniknya, masyarakat setempat menyebut makanan ini dengan sebutan sroto sokaraja. Keunikan lainnya adalah komposisi makanan ini yang berbeda dari soto pada umumnya. Karena terdapat irisan ketupat serta campuran sambal kacang yang tidak terlalu pedas.

Dalam menyantapnya, soto sokaraja ini sangat pas bersanding dengan kerupuk cantir (kerupuk berbahan dasar ketela pohon). Untuk bisa menikmati lezat dan segarnya soto ini, anda cukup merogoh kocek sebesar 10 – 12 ribu / porsi.

 

Baca juga : 

 

Kesimpulan :

Demikian ulasan mengenai makanan /  kuliner khas dari Purwokerto yang terkenal dan murah meriah. Tak ada salahnya untuk mencicipi beberapa makanan yang kami rekomendasikan ketika berkunjung ke kota wong ngapak ini. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman, kerabat dan rekan-rekan lainnya.

Nantikan selalu informasi penting, menarik dan unik lainnya yang akan kami bagikan secara kontinyu dan berkelanjutan hanya di boncengan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *