Manfaat Buah Ciplukan
Manfaat Buah Ciplukan, Tanaman Sawah Yang Merambah ke Supermarket

Manfaat Buah Ciplukan, Tanaman Sawah Yang Merambah ke Supermarket

Diposting pada

Bagi anda yang sedang mencari tahu tentang manfaat dan khasiat dari buah ciplukan, silahkan simak artikel berikut ini.

Tanaman ciplukan bernama latin Physalis angulata dan Physalis minima ini punya banyak nama. Orang asing menjulukinya morel berry. Orang Sunda menyebutnya cecendet. Sedangkan orang Madura menyebutnya dengan nama yor-yoran. Lain lagi dengan daerah Bali, buah ini bernama keceplokan.

Ciplukan adalah tanaman yang jamak hidup dilingkungan tegalan, kebun kering dan hutan. Bunga ciplukan berwarna kuning sedang buahnya berwarna hijau kekuningan jika sudah matang.

Buah ciplukan yang masih muda terlindung oleh tudung tipis, saat sudah matang tudung tipisnya akan terbuka dengan sendirinya. Rasa buah ciplukan ini manis keasaman ketika sudah tua.

 

Kandungan Nutrisi Dari Buah Ciplukan Dengan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh

 

Tanaman ciplukan ini memiliki kandungan nutrisi dan zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain.

  • Buah : mengandung asam malat, alkaloid, tanin, fisalin,kriptoxantin, vitamin C dan gula.
  • Daun : mengandung polifenol dan asam klorogenat
  • Akar dan batang : mengandung saponin dan flavonoid.
  • Biji : mengandung asam elaidik 
manfaat buah ciplukan
Sumber Foto : kompas.com

Dalam takaran 100 gram buah ciplukan, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  1. Air: 85,4 gr
  2. Energi: 53 kcal
  3. Protein: 1,9 gr
  4. Lemak: 0,7 gr
  5. Serat: 6 gr
  6. Kalsium: 9 mg
  7. Zat besi: 1 mg
  8. Fosfor: 40 mg
  9. Asam askorbat (Vitamin C): 11 mg
  10. Thiamin (Vitamin B1): 0,11 mg
  11. Riboflavin (Vitamin B2): 0,04 mg
  12. Niasin (Vitamin B3): 2,8 mg
  13. Vitamin A: 36 mikrogram

Dengan sederet senyawa dan zat yang terkandung dalam ciplukan membuat tanaman ini dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Yuk pelajari lebih dalam lagi manfaat dan khasiat buah ciplukan bagi kesehatan.

Manfaat Buah Ciplukan
Buah Ciplukan

1. Hipertensi

Hipertensi adalah penyakit yang dapat menyerang ke siapa saja tanpa terkecuali. Terutama bagi orang yang sudah lanjut usia. Dengan mengkonsumsi ekstrak ciplukan ini akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Adapun cara mengkonsumsi buah ciplukan ini cara merebus 5 gr ciplukan yang sudah kering dengan air sebanyak 110 ml. Rebus air sekitar 10 sampai 15 menit sembari sesekali diaduk. Setelah mendidih, tunggu air rebusan dingin dan disaring. Konsumsi air rebusan ciplukan pada pagi dan sore hari dan rasakan khasiatnya bagi tubuh kamu.

 

2. Diabetes

Diabetes atau kencing manis termasuk penyakit yang cukup mengkhawatirkan akhir-akhir ini. Penderita diabetes harus mengatur asupan gula yang masuk dalam tubuh agar gula darah dalam darah tidak meningkat.

Salah satu obat herbal yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah ialah dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Sediakan 10 gr ciplukan kering rebus dengan air 400 ml. Setelah mendidih saring rebusan air dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

 

3. Manfaat Buah Ciplukan Untuk Bisul

Manfaat dan khasiat lain dari buah ciplukan salah satunya untuk mengobati penyakit bisul. Cara membuat ramuan obat bisul yaitu segenggam daun ciplukan segar,adas pulasari satu sendok teh, daun salam satu lembar dan garam. Haluskan semua bahan kemudian oleskan merata pada sekitaran area bisul.

 

4. Manfaat Buah Ciplukan Untuk Borok

Penyakit borokpun bisa sembuh dengan ramuan dari ciplukan. Ambil segenggam daun ciplukan segar tambah air kapur sirih tumbuk hingga halus kemudian tempelkan hasil tumbukan daun ciplukan ke luka borok.

 

5. Gusi Berdarah 

Buah ciplukan mengandung vitamin C yang berfungsi mencegah sariawan, menjaga stamina tubuh dan mencegah gusi berdarah. Adapun caranya yaitu konsumsi sebanyak 30 butir buah ciplukan matang setiap hari.

 

6. Batu Ginjal 

Untuk mengatasi batu ginjal, gunakan 10 gr ciplukan kering,10 gr daun sendok, 15 gr meniran, 15 gr bawang dayak kering, 15 gr kumis kucing kering dan 30 kejibeling kering.

Tambahkan 5 gelas air ke campuran bahan ramuan tadi lalu rebus hingga kira- kira tersisa 3 gelas air. Saring air rebusan dan konsumsi tiga kali sehari. Silahkan anda rasakan manfaat serta khasiat dari buah ciplukan dalam mengobati penyakit batu ginjal.

 

7. Manfaat Buak Ciplukan Untuk Bronkitis

Melihat kutipan dari buku berjudul tumbuhan sebagai pengobatan, buah ciplukan menjadi salah satu contoh tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit bronkitis.

Penyakit bronkitis biasanya mempunyai ciri-ciri batuk kering pada mulanya berlanjut menjadi batuk berdahak dengan dada bagian tengah terasa nyeri dan panas, kesulitan bernafas, demam tinggi dan bersin- bersin.

 

8. Mencegah Kerusakan Sel 

Ciplukan merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa antioksidan yang memiliki khasiat cukup baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh karena terdapat adanya radikal bebas dalam lingkungan.

Contoh paling mudah efek radikal bebas adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti penyakit jantung, peradangan, katarak dan kanker. Kandungan antikanker yang terdapat dalam buah ciplukan tentu sangat rugi jika kita lewatkan manfaat dan khasiatnya bagi tubuh.

Selain itu, buah ciplukan juga mengandung senyawa felonik dan antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan perkembangan sel kanker terutama sel kanker payudara dan sel kanker usus. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin membantu tubuh dalam mencegah penyakit yang mungkin muncul jika terjadi kerusakan sel.

 

Baca juga : 

 

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada masa pandemi sekarang banyak masyarakat berlomba – lomba untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Mungkin salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Menurut penelitian pada tahun 2017 menyatakan bahwa ciplukan mengandung senyawa polifenol yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh.

Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bekerja untuk menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tertentu ketika terjadi inflamasi. Buah ciplukan juga mengandung Vitamin C yang berguna untuk daya tahan tubuh.

 

10. Meningkatkan Fungsi Penglihatan Mata

Kandungan senyawa beta karoten, karotenoid serta lutein dalam buah ciplukan sangat berguna bagi kesehatan mata. Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan ini memiliki khasiat dalam menurunkan resiko degenerasi makula yang dapat mengakibatkan kebutaan pada mata.

Sedangkan zat lutein sendiri memiliki manfaat sebagai pencegah penyakit mata lainnya seperti katarak, glaukoma dan lainnya serta melindungi mata dari kebutaan karena ada nya penyakit diabetes.

 

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat dan khasiat dari buah ciplukan bagi kesehatan. Dulunya, tanaman ini sering kali diremehkan. Padahal, buah ciplukan ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Silahkan bagikan informasi yang sangat bermanfaat ini kepada orang lain dan nantikan informasi dari boncengan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *