manfaat daun pepaya
manfaa daun pepaya untuk kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Sayur Murah Segudang Khasiat

Posted on

Bagi anda yang sedang mencari informasi terkait manfaat daun pepaya untuk kesehatan, berikut ini kami sajikan informasi mengenai khasiat daun pepaya yang wajib anda ketahui.

Pastinya anda sudah tak asing lagi dengan daun pepaya. Sayuran ini sangat sering kita temui di pasar-pasar tradisional hingga pasar modern. Meskipun rasanya pahit, namun daun pepaya tak pernah sepi peminat.

Banyak masyarakat yang menjadikan sayuran ini sebagai olahan menu masakan seperti urap, pecel, oseng-oseng bahkan lalapan. Rasanya yang pahit justru malah membuat makanan menjadi kaya akan cita rasa. Namun siapa sangka jika ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat / khasiat? Fakta ini telah teruji secara ilmiah.

Biasanya, kita mengkonsumsi buah pepaya untuk melancarkan saluran pencernaan dan sembelit. Tapi anda tahu tidak, ternyata daun pepaya juga memiliki vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, sebagian orang tidak menyukai daun pepaya ini karena rasanya yang pahit.

Rasa pahit tersebut terbentuk akibat adanya senyawa papain. Senyawa papain ini sebenarnya memilih efek antiinflamasi yang sangat baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, kandungan serat dari daun pepaya ini juga baik untuk melancarkan buang air besar.

Begitu banyaknya nutrisi penting yang terkandung dalam daun pepaya, apakah anda yakin tidak mau mengkonsumsinya? Nah, agar tidak semakin penasaran, yuk kita gali lebih dalam lagi mengenai manfaat / khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

 

Kandungan Nutrisi Dalam Daun Pepaya

 

Daun pepaya terkenal sebagai sayur pahit yang bisa anda temukan dengan mudah di berbagai pasar. Selain itu, harga daun pepaya ini juga tergolong murah. Namun, selain harganya yang murah, ternyata daun pepaya memiliki nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

manfaat daun pepaya

Bagi anda yang ingin mengetahui kandungan nutrisi dari daun pepaya, berikut ini kami sajikan secara lengkap.  Yuk simak penjelasan berikut ini. Dalam 100 gr daun pepaya mengandung nutrisi antara lain:

  • Kandungan vitamin A sebesar 18,25 IU (International Unit).
  • Vitamin B sebesar 0,15 mg.
  • Vitamin C sebesar 150 mg.
  • Kalori sebesar 79 kalori.
  • Protein sebesar 8 gr.
  • Lemak sebesar 2 gr.
  • Karbohidrat sebesar 11,9 g.
  • Kalsium sebesar 353 mg.
  • Air sebesar 75,4 g.

 

Manfaat / Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

 

Daun pepaya sejak dulu sudah menjadi obat tradisional (jamu) untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cara mengkonsumsi daun pepaya ini bermacam-macam mulai dari memakan langsung sebagai lalapan, diolah menjadi menu masakan dan juga diolah menjadi jamu tradisional. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui manfaat daun pepaya lainnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

 

1. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Dalam daun paya mengandung banyak serat, nutrisi dan senyawa yang mendukung kinerja saluran pencernaan. Salah satu senyawa penting yang berperan memperbaiki saluran pencernaan adalah papain.

Senyawa ini akan berperan dalam memecah protein menjadi asam amino. Sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, khasiat daun pepaya juga membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan lainnya seperti kembung, mules hingga masalah gangguan BAB.

 

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bila anda mengidap diabetes, maka anda harus rutin mengkonsumsi daun pepaya ini setiap hari. Kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam daun pepaya ini berperan dalam menurunkan gula darah secara efektif.

Meskipun data penelitian baru seputar penggunaan daun pepaya terhadap hewan, namun, daun pepaya telah lama dipercaya sebagai obat alternatif dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

 

3. Mencegah Kanker

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker muncul akibat terlalu sering menghirup polusi, terkena paparan radiasi, pola dan gaya hidup yang tidak sehat serta faktor keturunan. Cara paling efektif dalam mengatasi penyakit kanker adalah menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat selalu identik dengan sayur-sayuran. Oleh sebab itu, daun pepaya sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Terutama kanker prostat dan payudara. Senyawa yang terkandung dalam daun pepaya ini akan berperan menghambat perkembangan sel kanker.

 

4. Manfaat Daun Pepaya Meredakan Nyeri Haid

Penyakit yang satu ini pasti sering dialami oleh para wanita. Rasa nyeri atau kram pada saat menstruasi tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini disebabkan oleh hormon prostaglandin yang semakin meningkat pada saat haid.

Lebih parahnya lagi, biasanya nyeri haid ini akan memicu penyakit lainnya seperti nyeri pinggang dan nyeri otot paha. Efek antiinflamasi yang terkandung dalam daun pepaya bukan hanya memiliki khasiat untuk mengobati peradangan. Melainkan bisa juga mengatasi nyeri haid.

 

5. Manfaat Daun Pepaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mengatasi beberapa penyakit, ternyata manfaat daun pepaya juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk itu, mulai dari sekarang silahkan rutin mengkonsumsi daun pepaya sebagai obat herbal alternatif yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Kandungan senyawa dalam daun pepaya ini bisa merombak komponen limfosit T (sel T) yang ada dalam tubuh menjadi lebih aktif. Nah, sel T inilah yang berperan dalam mengatasi virus-virus dan bakteri yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh.

 

Baca Juga :

 

6. Manfaat Daun Pepaya Meningkatkan Produksi ASI

Jika pada umumnya anda mengetahui bahwa daun katuk memiliki peran aktif dalam meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Tapi siapa sangka jika daun pepaya memiliki efektivitas yang sama baiknya dalam meningkatkan produksi ASI.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya cukup mengkonsumsi daun pepaya sebanyak 1 kali dalam sehari. Baik itu dimakan langsung atau sudah menjadi olahan jamu. Keduanya sama baiknya.

Meski pada kenyataannya masih sedikit penelitian terkait efektivitas daun pepaya dalam meningkatkan produksi ASI, tetapi daun pepaya ini tidak memiliki efek samping yang bisa mempengaruhi ibu menyusui.

 

7. Mengatasi Gejala Demam Berdarah

Salah satu manfaat / khasiat dari daun pepaya ini adalah untuk mencegah dan mengatasi gejala demam berdarah. Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit demam berdarah biasanya muncul akibat gigitan nyamuk. Nantinya, penyakit ini bisa menyebabkan turunnya trombosit dalam tubuh.

Meskipun sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi penyakit demam berdarah, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi daun pepaya sangat ampuh dalam meningkatkan kadar trombosit tubuh.

 

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai manfaat / khasiat dari daun pepaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika anda tidak menyukai rasa daun pepaya yang pahit, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk ekstrak ataupun jamu. Dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya, tubuh akan kembali sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.