Oleh Oleh Khas Salatiga
Oleh Oleh Khas Salatiga Dan Makanan Unik Yang Super Lezat

Oleh Oleh Khas Salatiga Dan Makanan Unik Yang Super Lezat

Diposting pada

Sedang singgah atau berlibur di kota Salatiga? Rugi kalau belum pernah mencicipi keunikan dan kelezatan makanan khas serta oleh oleh paling terpopuler, terkenal dan termurah dari Salatiga ini. Penasaran ada menu apa aja? yuk simak ulasannya.

Kota Salatiga merupakan kota kecil yang letaknya termasuk dalam provinsi Jawa Tengah bagian timur. Kota ini memiliki luas wilayah ± 56 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar ± 183 ribu jiwa. 

Seluruh wilayah kota salatiga ini berbatasan langsung dengan kabupaten Semarang yang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah. Uniknya, dalam kota ini terdapat 4 gunung sekaligus yang mengelilingi kota salatiga yaitu gunung merbabu, gunung merapi, gunung ungaran dan gunung telomoyo.

Hal inilah yang membuat udara kota salatiga menjadi sejuk serta banyak diminati untuk wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak objek wisata lainnya. Tak terkecuali wisata kuliner dan oleh oleh khas Salatiga.

 

Makanan Khas dan Oleh Oleh Paling Terpopuler dan Murah Dari Salatiga

oleh oleh khas salatiga

Sejak tahun 2017 kota Salatiga menjadi jalur tol nasional trans Jawa dari Jakarta sampai dengan Surabaya. Hal inilah yang membuat kota Salatiga sering menjadi tempat untuk sekedar beristirahat, transit hingga berwisata kuliner.

Bicara soal kuliner dan oleh oleh, siapa sangka jika kota Salatiga ini memiliki segudang makanan dan oleh oleh khas dengan cita rasa yang bisa bikin geleng-geleng kepala. Penasaran? yuk kita simak bersama.

1. Oleh Oleh Khas Salatiga Kopi Biji Salak

Bagi anda pecinta kopi yang sedang berada di Salatiga, tak ada salahnya untuk mencicipi cita rasa kopi yang sering dijadikan oleh oleh khas Salatiga ini. Uniknya, kopi ini bukanlah terbuat dari biji kopi. Melainkan dari biji salak yang pastinya akan memunculkan cita rasa yang otentik dan unik ketika anda menyeruputnya.

Karena harganya yang relatif murah, tak ayal kopi biji salak ini sering menjadi oleh oleh khas dari kota Salatiga yang sudah melegenda sejak dulu. Cukup dengan membayar 10 ribu per kemasan, anda sudah bisa membawa pulang kopi dengan cita rasa yang berbeda ini.

Sejatinya, makanan dengan nama ampyang ini merupakan makanan tradisional khas yang juga sering menjadi oleh oleh ketika sedang berkunjung ke kota Salatiga. Makanan ini sangat cocok bila bersanding dengan kopi ataupun teh hangat ketika sedang bersantai.

Ukurannya yang kecil, menjadikan makanan ini begitu mudah dan praktis untuk anda bawa sebagai oleh oleh. Harganya juga relatif terjangkau kok. Jika anda berkunjung ke Salatiga, tak ada salahnya untuk menjadikan ampyang ini sebagai oleh oleh khas salatiga karena makanan ini tidak ada ditempat lain.

Oleh Oleh Khas Salatiga
Gethuk kethek

3. Oleh Oleh Khas Salatiga Keripik Paru

Oleh oleh khas salatiga lainnya yang begitu terkenal adalah keripik paru. Keripik ini terbuat dari paru sapi yang telah diiris tipis-tipis kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya yang membuat cita rasanya begitu nikmat dan gurih.

Keripik ini sangat cocok untuk menjadi cemilan saat berkumpul bersama keluarga. Cita rasa gurih dan renyah membuat siapa pun yang menikmatinya akan lupa untuk berhenti makan. Untuk harganya sendiri masih relatif terjangkau kok. Harganya menyesuaikan dengan banyaknya isi dari tiap-tiap kemasan ya.

4. Oleh Oleh Khas Salatiga Enting Enting Gepuk

Enting enting gepuk ini sudah sangat terkenal sebagai oleh oleh khas dari kota Salatiga. Komposisi cemilan ini terdiri dari kacang tanah yang sudah halus kemudian ditambahkan gula. Perpaduan rasa gurih dari kacang serta manis dari gula membuat cemilan ini begitu nikmat.

Begitu pesatnya antusiasme masyarakat yang ingin menjadikan cemilan ini sebagai oleh oleh khas Salatiga, maka jajanan ini begitu mudah untuk anda temui. Karena hampir di seluruh toko-toko menjual cemilan berbahan dasar kacang ini.

 

5. Oleh Oleh Khas Salatiga Gethuk Kethek

Salah satu makanan khas Salatiga yang begitu terkenal dan terpopuler adalah gethuk kethek. Makanan ini juga sering menjadi oleh oleh khas dari Salatiga ketika seseorang berkunjung kesana. Meskipun namanya unik (kethek = kera), sejatinya, makanan ini terbuat dari umbi-umbian yaitu singkong dengan parutan kelapa.

Perpaduan rasa manis dan gurihnya kelapa membuat cemilan ini begitu nikmat dan cocok untuk menjadi teman ketika bersantai. Selain itu, tekstur dari makanan ini sangat lembut sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua umur.

 

1. Sate Sapi Suruh

Mendengar nama sate, pasti pikiran anda akan tertuju pada sate kambing atau ayam. Nah, makanan khas Salatiga terpopuler ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Unik kan? Menu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi.

Perpaduan antara daging sapi bakar dengan bumbu pelengkap seperti bumbu kacang, kecap manis, irisan bawang serta potongan jeruk nipis membuatnya semakin istimewa. Kelebihan dari sate sapi ini adalah tekstur dagingnya yang lebih empuk, tidak berbau amis dan pengolahannya lebih mudah bila dibandingkan dengan daging kambing. Untuk menemukan sate ini tidak sulit kok. Karena hampir sepanjang jalan di Salatiga menjual menu makanan khas yang sudah begitu terkenal ini.

 

2. Soto Esto

Kota salatiga memiliki udara yang sejuk karena terletak pada lereng pegunungan. Nah, salah satu makanan yang cocok untuk udara dingin adalah soto. Soto esto adalah makanan khas Salatiga yang sangat terkenal ini begitu banyak peminatnya karena terbuat dari kuah kaldu bening kekuningan yang berpadu dengan santan sebagai topping nya.

Dalam penyajian soto ini, pengunjung bisa mendapatkan semangkuk nasi soto, mie yang terbuat dari beras, suwiran ayam dan kerupuk yang terbuat dari kerak nasi yang sudah dikeringkan. Selain itu, untuk menambah kenikmatan ketika menyantap soto ini, terdapat juga beberapa lauk tambahan seperti sate telur puyuh, sate kerang, tahu + tempe dan lainnya.

 

3. Bakmi Djowo

Makanan khas Salatiga yang sudah sangat terkenal ini menjadi salah satu kuliner yang banyak sekali diburu oleh para wisatawan yang sedang singgah di kota ini. Ya benar, namanya bakmi djowo. Untuk bisa menemukan makanan ini, anda bisa mengunjungi warung sederhana yang terletak di jalan Semeru – Sidomukti. Selain itu, warung yang sudah melegenda ini juga menyediakan aneka olahan makanan yang terbuat dari mie dan bakso.

Uniknya, mie yang disajikan berbeda dari mie pada umumnya. Karena mie ini berbentuk agak lebar dan kenyal. Cara memasaknya pun terbilang unik karena masih mengandalkan metode memasak ala tradisional dengan mengandalkan tungku dan kayu bakar sebagai bahan utama untuk memasak. Aroma kayu bakar akan meresap ke dalam masakan sehingga menjadikan menu ini paling banyak diburu para pecinta kuliner.

4. Opor Bebek

Umumnya, anda semua mengenal menu opor ayam sebagai salah satu menu andalan saat perayaan hari besar Idul Fitri. Sajian ini begitu cocok bersanding dengan ketupat dan sambal goreng kentang. Namun, pernahkah anda mengkonsumsi opor bebek? Nah, kota Salatiga ini punya makanan khas yang sudah sangat terkenal yaitu opor bebek.

Sebenarnya, bumbu yang mereka gunakan untuk membuat opor bebek hampir sama dengan bumbu opor ayam. Hanya saja perbedaannya terletak pada bahan dasarnya yaitu bebek. Salah satu tempat terpopuler yang menyajikan menu makanan khas Salatiga ini adalah opor bebek Mak Yah yang letaknya di jalan Muncul Raya, Banyubiru, Salatiga, Jawa Tengah.

 

5. Gecok Kambing

Sama halnya dengan menu opor bebek, menu yang satu ini juga terdengar asing bagi anda yang belum pernah mencicipi makanan khas Salatiga yang sudah sangat terkenal ini. Olahan makanan berbahan dasar daging kambing umumnya berbentuk sate, gulai, tongseng dan tengkleng. Namun, Salatiga memiliki menu unik yang berbahan dasar daging kambing yaitu gecok kambing.

Uniknya, bumbu kuah dari masakan ini terdiri dari kelapa sangrai. Gurihnya rasa kelapa sangrai berpadu dengan kuah yang begitu segar menambah kenikmatan bagi siapapun yang menyantapnya. Jika anda tertarik mencicipi menu makanan khas salatiga ini, silahkan datang ke kedai Gecok kambing Bu Pud di jalan Imam Bonjol, Tuntang, kota Salatiga, Jawa Tengah.

6. Gudeg Koyor

Mendengar nama gudeg, pasti pikiran anda akan tertuju pada Yogyakarta atau Solo yang sudah sangat terkenal sebagai kota gudeg. Namun, siapa sangka jika Salatiga juga memiliki gudeg yang sudah lama menjadi makanan khas terkenal yaitu gudeg koyor. Hal yang menjadikannya berbeda dari gudeg Yogya maupun Solo adalah terdapat koyor (lemak) sapi sebagai lauk utamanya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lauk pauk lainnya seperti telur pindang dan sambal krecek (kulit sapi). Ngiler kan? hehehe. Asli nikmat banget ini. Untuk menemukan cita rasa gudeg koyor sesungguhnya, anda bisa berkunjung ke warung gudeg koyor reksa yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Salatiga, Jawa Tengah.

 

Baca juga :  Tempat Wisata Purwakarta Yang Mempesona, Nomor 5 Paling Menggoda

 

7. Nasi Rames Empal

Jika anda sedang berkunjung atau singgah di Salatiga, ngga ada salahnya jika anda menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Salatiga yang paling terpopuler yaitu nasi rames empal. Meskipun topping nasi rames ini hampir sama dengan nasi rames pada umumnya. Namun tersedia lauk andalan berupa empal yang menjadi ciri khasnya.

Empal ini terbuat dari daging sapi yang sebelumnya telah digoreng kering kemudian terdapat bumbu serundeng kelapa sebagai pelengkapnya. Pastinya semua kelezatannya akan meledak ketika berada dalam mulut. Salah satu kedai yang menyediakan menu andalan ini adalah nasi rames empal Kartoali yang terletak di jalan Tanjung, Salatiga, Jawa Tengah.

 

Kesimpulan :

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi menu makanan dan oleh oleh khas Salatiga yang wajib untuk anda cicipi ketika berkunjung atau sekedar singgah di kota yang menyimpan destinasi wisata terkenal dan terpopuler di Jawa Tengah ini.

Silahkan bagikan informasi ini agar semakin banyak orang yang mengetahui makanan apa saja yang sudah melegenda di Salatiga. Nantikan info unik lainnya yang akan kami sajikan secara update hanya di boncengan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *