Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya
Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya Yang Ga Bikin Dompet Jebol

Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya Yang Ga Bikin Dompet Jebol

Diposting pada

Bingung mau nyari tempat wisata terbaru dan viral saat singgah di kota Solo dan sekitarnya yang murah meriah? Kini, anda ngga perlu bingung lagi, karena kami bakal berikan beberapa rekomendasi tempat / lokasi wisata Solo dan sekitarnya yang pastinya Instagramable banget deh.

Rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah familiar dengan nama kota Solo. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini begitu terkenal akan ciri khas dan budayanya yang begitu kental.

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke kota Solo ini, tentunya anda akan merasakan nuansa kultur dan budaya khas jawa yang begitu melekat dengan kearifan lokal masyarakat setempat.

Anda dapat dengan mudah menemukan bangunan-bangunan tua yang syarat akan nilai sejarah. Meskipun rata-rata tempat wisata Solo ini hanya bernuansakan sejarah dan perkotaan, akan tetapi wilayah sekitarnya memiliki banyak destinasi wisathttps://boncengan.com/?p=530&preview=truea yang sayang untuk anda lewatkan.

Secara letak geografis, kota Solo dikelilingi kota-kota yang masuk ke dalam karesidenan Surakarta seperti Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten dan Wonogiri.

Jika anda masih kurang puas mengunjungi tempat wisata Solo maka anda masih memiliki tempat wisata lain yang berada di wilayah sekitarnya.

Pasti anda sudah tidak sabar kan ingin mengetahui nama tempat wisata yang bakal kami rekomendasikan selengkapnya. Ngga usah berlama-lama lagi. Yuk langsung saja kita simak ulasannya.

 

Eksotisme Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya Terbaru

tempat wisata solo dan sekitarnya

Solo The Spirit Of Java

Sejatinya, kota Solo tidak memiliki banyak tempat wisata bernuansa alam yang bisa anda singgahi kecuali jika anda berlabuh ke kota-kota sekitarnya. Karena, pada dasarnya, wisata berbau sejarah dan museum sudah mendominasi dan menjadi ciri khas kota batik ini.

Namun, bukan berarti Solo tidak memiliki tempat wisata yang eksentrik dan instagramable ya. Sebelum melipir-melipir ke kota sekitarnya, alangkah baiknya kita mencicipi keindahan wisata kota Solo yang berbeda dari kota lainnya. Yuk langsung saja.

 

Tempat Wisata Solo Dan Sekitarnya Terbaru 

 

1. Keraton Surakarta

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Solo tapi belum menyambangi objek wisata yang satu ini. Ya benar, keraton Surakarta sudah menjadi ikon kota Solo yang menyimpan berbagai nuansa budaya yang begitu kental.

Dalam lokasi wisata ini, terdapat museum yang banyak memiliki benda-benda pusaka peninggalan kerajaan jaman dahulu. Selain itu, terdapat pula hewan ternak yang begitu terkenal akan nuansa kulturalnya yaitu kerbau bule.

Oiya, bila anda tertarik mengunjungi tempat wisata solo ini, anda harus mengunjunginya mulai dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang ya. Siapkan kamera dan perlengkapan lainnya ya. Karena tempat ini sangat cocok untuk anda jadikan background berfoto bersama keluarga.

 

2. Pasar Triwindu (Pusat Barang Antik Solo)

Nah, tempat wisata Solo dan sekitarnya yang wajib anda kunjungi adalah pasar triwindu yang berada pusat kota Solo. Lokasinya tidak jauh dari Ngarsopuro Night Market yang begitu populer belakangan ini.

Tempat wisata ini sangat cocok banget buat anda yang memiliki jiwa seni tinggi. Karena terdapat banyak sekali barang-barang antik yang menjadi daya tarik utama pasar triwindu. Selain itu, anda juga bisa merekomendasikan tempat ini kepada para kolektor barang antik sebagai referensi penambahan koleksi mereka.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena cukup membayar parkir kendaraan saja. Gimana? anda tertarik mengunjungi pasar triwindu? silahkan list barang-barang antik yang ingin anda beli mulai dari sekarang.

Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya
Tempat Wisata Solo dan Sekitarnya

3. Ngarsopuro Night Market

Anda sering melihat foto yang berseliweran di sosial media yang menampilkan background jalanan berisi lampu-lampu yang mempesona? Jika iya? mungkin yang anda lihat adalah foto yang latar belakangnya adalah Ngarsopuro ini.

Sesuai namanya, untuk berkunjung ke tempat wisata kota Solo dan sekitarnya ini, memang lebih indah pada saat malam hari. Terutama malam minggu ya. Karena, jika anda berkunjung siang hari, maka lokasi ini hanyalah sebuah jalan raya yang tidak terlihat begitu istimewa.

Dalam Ngarsopuro terdapat beberapa pernak-pernik khas kota Solo yang diperjual-belikan. Mirip-mirip Malioboro lah. Harga tiket masuknya berapa? Gratis!! cukup bayar parkir kendaraan saja.

Buat para kaula muda, tempat wisata ini sangat cocok menjadi background berfoto yang pastinya instagramable dan kekinian banget deh. Buat anda penganut backpacker, anda wajib datang kesini.

 

4. Taman Balekambang Kota Solo

Mau liburan bersama keluarga yang ga bikin kantong jebol? Nah, tempat wisata ini bisa kamu jadikan referensi untuk berwisata keluarga. Suasana sejuk nan asri akan terasa sejak pertama kali anda mengunjunginya.

Luas taman Balekambang ini sekitar 9,8 hektar loh. Jadi, pas banget kan buat piknik kecil-kecilan sembari melepaskan penat hiruk pikuk perkotaan yang begitu padat.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan taman ini sebagai tempat wisata bertajuk edukasi kepada anak-anak. Karena terdapat hewan peliharaan yang bisa anda temui disini. Sebut saja rusa, ayam, bebek, angsa, ikan dan masih banyak lagi.

Jika beruntung, anda akan menemukan pagelaran kesenian khas jawa yang sedang unjuk kebolehan. Seperti opera, pertunjukan wayang orang dan kesenian khas jawa lainnya.

 

Tempat Wisata Solo Dan Sekitarnya Hits  

 

5. Candi Cetho Karanganyar

Lanjut ke pinggiran kota Solo terdapat sebuah kabupaten yang menyimpan sejuta panorama keindahan alam. Iya benar, Kabupaten tersebut bernama Karanganyar.

Kabupaten yang sebagian besar terletak pada lereng gunung Lawu ini begitu indah dan mempesona bagi siapapun yang melihatnya. Salah satu tempat wisata Solo dan sekitarnya yang berada di Karanganyar adalah Candi Cetho.

Candi peninggalan Hindu ini berada pada lereng gunung Lawu. Memiliki ketinggian sekitar 1.496 mdpl membuat suasana sejuk akan terasa saat pertama kali datang ke lokasi ini.

Butuh waktu sekitar ± 1 jam dari kota Solo untuk bisa sampai ke tempat wisata yang sarat akan nuansa religi ini. Selama perjalanan, anda bisa menemukan pemandangan yang begitu menakjubkan seperti kebun teh kemuning, area persawahan terasering, dan pemandangan indah pegunungan.

 

6. Candi Sukuh

Kabupaten Karanganyar memang terkenal akan tempat wisata alamnya. Selain candi Cetho, ternyata masih terdapat candi Sukuh yang tak kalah indahnya.

Nuansa religius Hindu sangat kental menyelimuti sekitar area tempat wisata solo dan sekitarnya ini. Menariknya, candi Sukuh menampilkan relief-relief dan arca yang berbentuk organ vital.

Cukup berkendara selama ± 1 jam dari kota Solo, anda sudah bisa berfoto-foto dengan background candi Sukuh ini. Pastinya foto anda bakal mendapat banyak like deh. Selain itu, lokasi yang berada pada ketinggian 1.186 mdpl ini sangat cocok banget buat anda yang menginginkan suasana sejuk dan asri. Pasti bakal betah deh berlama-lama di lokasi ini.

 

Tempat Wisata Solo Dan Sekitarnya Terkeren

 

7. Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar

Bosan dengan rutinitas perkotaan yang itu itu aja? nah, itu tandanya anda butuh refreshing sejenak. Salah satu tempat wisata yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Grojogan Sewu.

Meskipun tempat wisata solo dan sekitarnya ini bukanlah lokasi wisata terbaru, namun, berada di lokasi yang satu ini membuat anda serasa menyatu dengan alam sekitar. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, anda akan dapati pohon-pohon yang rindang di hias dengan pemandangan air terjun yang begitu memukau.

Tak hanya menikmati keindahan alam, anda juga bisa mandi dan berendam sejenak di aliran air terjun yang sangat jernih dan segar. Selain itu, anda juga bisa menikmati kuliner yang berada tak jauh dari pusat air terjun.

Menariknya, warung-warung tersebut bertemakan lesehan di sepanjang aliran air yang berasal dari air terjun ini. Bisa anda bayangkan bukan betapa indahnya? Tunggu apa lagi, ayo buruan datang ke lokasi wisata ini. Siapkan peralatan berfoto dan baju ganti juga ya.

 

8. Jumog Waterfall (Air Terjun Jumog)

Karanganyar memang surganya wisata alam. Mulai dari wisata bernuansa sejarah, religi, perkebunan dan tak ketinggalan wisata air terjunnya yang sangat memukau.

Salah satunya adalah air terjun Jumog. Terletak tak jauh dari pusat kota Solo, membuatnya selalu menjadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung.

Pemandangan air terjun yang luar biasa membuat lokasi yang terletak di desa Ngargoyoso ini sangat cocok untuk menjadi objek berfoto dan bertamasya bersama keluarga. Hanya butuh waktu ± 1 jam dari kota Solo, anda sudah bisa menikmati segala keindahan alam khas pegunungan yang sangat spektakuler.

 

Tempat Wisata Solo Dan Sekitar Termurah 

 

9. Telaga Claket Sukoharjo

Lokasi tempat wisata solo dan sekitarnya yang sedang hits tahun 2021 ini adalah telaga claket yang terletak antara perbatasan Wonogiri dan Sukoharjo Jawa Tengah.

Membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dari pusat kota Solo untuk bisa berkunjung ke lokasi wisata alam ini. Hanya cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu saja, anda sudah bisa menikmati panorama telaga dengan background bukit yang indah dan mempesona.

Meski anda tidak bisa mandi dan berendam di telaga ini, namun tempat ini sangat cocok buat berfoto-foto dan bertamasya bersama keluarga. Selama perjalanan ke lokasi ini, anda bisa melihat indahnya pemandangan bendungan colo yang juga sempat viral baru-baru ini.

 

10. Taman Lalu Lintas Pakujoyo Sukoharjo

Bisa bertamasya bersama keluarga sambil belajar sangat menarik bukan? Nah, silahkan datang ke tempat wisata Solo dan sekitarnya yang sedang viral belakangan ini yaitu taman lalu lintas Pakujoyo.

Berlokasi tak jauh dari terminal utama Sukoharjo membuat akses menuju lokasi ini begitu mudah. Selain itu, tempat wisata ini juga gratis loh. Cukup membayar parkir kendaraan saja maka anda sudah bisa bermain dan belajar bersama anak-anak.

Fasilitas yang ada pada taman ini yaitu taman bermain, tersedia miniatur rambu-rambu lalu lintas, kolam ikan nan cantik, delman, bis wisata, air mancur, arena bermain dan wahana permainan seperti bebek gowes dan rumah balon.

Tapi, wahana tersebut tidak gratis ya. Akan tetapi, harga yang mereka tawarkan juga cukup terjangkau kok. Karena berkisar antara 5 s/d 15 ribu saja / orang.

 

Tempat Wisata Solo Dan Sekitarnya Terkini

 

11. Umbul Ponggok Klaten

Objek wisata yang satu ini begitu ngehits dan viral baru-baru ini. Buat anda ingin mencoba wisata air sekaligus berfoto-foto underwater, maka kami merekomendasikan tempat wisata solo dan sekitarnya yang sedang viral bernama umbul ponggok ini.

Beberapa properti cantik akan menghiasi foto-foto anda meskipun berada di dalam air. Sebut saja sepeda motor, sepeda, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi yang bisa anda gunakan sebagai background berfoto. Selain itu, “kolam” ini juga memiliki banyak ikan air tawar yang menambah keindahan lokasi wisata ini.

Ngga usah takut bau amis ya, karena umbul ini selalu mengalir dan kedalamannya pun cukup membuat anda tenggelam. Tapi, tenang saja. Karena anda bakal dipandu oleh guide berpengalaman ketika hendak mengambil gambar.

Tertarik? silahkan datang ke lokasi wisata yang berjarak ± 1 jam dari pusat kota Solo. Harga tiket masuknya cukup bersahabat yaitu sebesar 15 ribu saja per orang. Oiya, jika ingin berfoto, anda bisa menyewa fasilitas yang mereka sediakan. Harganya mulai dari 60 ribu sampai dengan 150 ribu tergantung dari properti yang ingin anda gunakan serta lama durasi pengambilan foto.

 

 

Kesimpulan :

Nah, itulah beberapa rekomendasi lokasi atau tempat wisata Solo dan sekitarnya yang sempat hits dan viral baru-baru ini. Meskipun tempat wisata solo dan sekitarnya ini bukan lokasi terbaru, namun keindahannya tak kalah dengan tempat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *